Thursday 3 January 2013

Tokoh Inspirasi | Roman Abramovich



Roman Abramovich dikenal sebagai seorang milyarder Rusia. Dia memiliki perusahaan investasi Millhouse Modal, tim sepakbola Liga Utama Inggris yaitu Chelsea Football Club, dan gubernur Chukotka di Rusia. Meskipun status berpengaruh di olahraga, minyak, dan politik, Abramovich relatif swasta, dia memberikan beberapa wawancara selama bertahun-tahun tetapi hampir tidak membuat pernyataan publik tentang hidupnya atau pekerjaan

Roman Abramovich Arkadyich lahir pada tanggal 24 Oktober 1966 pada sebuah keluarga Yahudi di Lithuania. Ibunya, Irina Ostrowski Abramovich, meninggal sebelum Roman berusia dua tahun dan ayahnya, Arkady Abramovich, tewas dalam kecelakaan konstruksi kurang dari dua tahun kemudian. Akibatnya, Roman dibesarkan oleh kakek-nenek di iklim Arktik yang dingin di kampung halaman mereka di Lithuania. Roman Abramovich bersekolah di Institut Industri di Ukhta sebelum dipanggil Tentara Soviet untuk disusun menjadi prajurit. Setelah kembali dari tentara, Abramovich bersekolah di Moskow Negara Auto Transport institute untuk jangka waktu singkat sebelum meninggalkan dunia akademis untuk selamanya.

Ketika Mikhail Gorbachev memperbolehkan pengembangan usaha kecil di Rusia pasca-komunis di akhir 1980-an, Roman Abramovich mulai menjual bebek plastik dari apartemen kecil di Moskow. Setelah beberapa tahun, Abramovich mulai berinvestasi dalam bisnis lainnya, memperluas kekayaannya. Antara 1992 dan 1995, Abramovich menciptakan perusahaan yang bertindak sebagai perantara jual kembali dan dia akhirnya memusatkan perhatiannya pada pembelian dan penjualan minyak. Pada tahun 1995 ia bermitra dengan Boris Berezovsky untuk membeli saham pengendali perusahaan minyak Sibneft senilai $ 100 juta. Pada saat perusahaan itu diperkirakan senilai $ 150 juta, namun nilai saham setelah melompat tak lama setelah akuisisi, banyak masyarakat Soviet mulai mempertanyakan nilai taksiran sebelum dijual. Pada tahun 2000, Berezovsky meninggalkan Rusia atas skandal penipuan dan menjual saham ke Abramovich.

Pada tahun 1999 Roman Abramovich mulai kerja amal di wilayah Chukotka di Siberia Rusia, daerah, dingin miskin di negeri ini. Abramovich sangat tertarik untuk membantu anak-anak dan mendirikan Kutub Harapan untuk amal membantu rakyat Okrug. Pada bulan Desember 2000, Abramovich terpilih sebagai gubernur wilayah dan sejak menginvestasikan jutaan pound dalam pengembangan sistem pendidikan tersebut, rumah sakit, dan sebuah perguruan tinggi di Anadyr. Meskipun Okrug bekerja sebagai surga pajak untuk Sibneft, kerja Abramovich telah memberikan kesempatan kerja kepada penduduk setempat dan memberi mereka kesempatan tak ternilai untuk pertumbuhan dan pendidikan. Abramovich ingin meninggalkan posisinya sebagai gubernur pada tahun 2005, tetapi Presiden Rusia Vladimir Putin memiliki wewenang untuk memilih gubernur regional dan Abramovich kembali sebagai gubernur daerah untuk Okrug untuk periode selanjutnya.

Pada tahun 2003 Roman Abramovich membeli Chelsea Football Club di Britania Raya. Akuisisi ini mengubah strategi pemasaran dari permainan serta kemampuan untuk "membeli" pemain. Karena kekayaan pribadi Abramovich, ia memiliki kemampuan untuk membangun keadaan fasilitas seni dan menawarkan gaji besar untuk pemain untuk bergabung dalam tim tanpa peduli status keuangan tim itu sendiri. Akibatnya, tim lain memiliki kekayaan mengarahkan agar tetap meningkat.

Roman Abramovich saat ini berada di London Barat dan dikenal sebagai orang terkaya kedua di Britania Raya

No comments:

Post a Comment